Book

Book Review : Sunshine Becomes You

Sunshine Becomes You

135x200Penulis : Ilana Tan

Bahasa : Indonesia

Penerbit : Gramedia

Ketika Ray Hirano ingin mengenalkan perempuan yang ditaksirnya kepada sang kakak, Alex Hirano tak disangka malah menjadi hari paling sial bagi Alex. Mia Clark tak sengaja tersandung karpet dan jatuh dari tangga sehingga menimpa Alex, Mia tidak apa-apa, tetapi Alex yang tertimpa olehnya mengalami cidera pada tangan. Bagaimana ini, Alex seorang pianis terkenal dan harus mengadakan konser dibeberapa tempat. Alex pun tidak mau berurusan dengan Mia lagi, tidak ingin berdekatan, takut kalau tangan yang satunya dan kedua kakinya menjadi korban selanjutnya.

Karena merasa bersalah, Mia ingin menebus kesalahannya  dengan menjadi pengganti tangan Alex yang terluka, bahkan dia mau saja menjadi pesuruh Alex, sampai tangan Alex bisa digerakkan kembali. Awalnya Alex menolak, dia bersikeras tidak mau berdekatan dengan Mia tapi karena Mia memaksa akhirnya ia menyetujuinya. Dimulai dari membuat kopi setiap pagi (walau Alex tidak mau mengakuinya, dia sangat suka kopi buatan Mia), memasak, membersihkan rumah, sampai mengantarkan Alex ketempat yang ingin dia tuju. Alex masih bersikap ketus pada Mia, suka memerintah seenaknya dan Mia pun sepertinya tidak memeperdulikan sikap Alex. Mia tetap Mia yang ceria dan tersenyum kepada semua orang. Hingga akhirnya Alex pun luluh dan mulai membuka diri. Dia suka memperhatikan Mia diam-diam, tahu lebih banyak tentang Mia daripada adiknya, suka merindukannya kalau lama tidak bertemu, dan uring-uringan karena mencemaskan Mia. Lalu bagaimana dengan perasaan Mia sendiri? Dia masih tetap sama, tersenyum pada semua laki-laki, tapi ibu Alex menemukan suatu perbedaan ketika Mia berhadapan dengan Alex, tatapan matanya tidak sama dengan tatapan yang diberikan kepada laki-laki lain.

Peluk boneka beruang ini kalau kau merindukanku.

Selamat hari Natal “Alex”

Dan tiba saatnya Alex mengetahui penyakit Mia. Ia ingin menyatakan perasaan sukanya pada Mia, bersama Mia bahkan ingin menikahinya. Tapi akankah Mia mempunyai perasaan yang sama terhadap Alex ? Ataukah Mia akan menghindari Alex karena penyakitnya ?

“Aku akan menari sekali lagi dan aku akan bertahan hidup. Lalu aku akan bertahan hidup sampai mendapat jantung untukku. Untukku…Untuk orangtuaku…untukmu…”

Review :

Tema dari novel karya Ilana Tan kali ini sudah umum untuk para pembaca. Tapi untuk penggambaran karakter sukses menghidupkan cerita. Awalnya aku mengira tokoh Mia akan mendominasi cerita, tapi ternyata perkiraan aku salah, komposisi tokoh disini pas.

Karakter Mia yang ceria berbanding terbalik dengan Alex yang acuh dan dingin. Tapi dengan sikap Mia yang seperti itulah Alex jatuh cinta padanya. Alex mulai berubah menjadi lebih dekat dengan Mia, setiap pagi menunggu kopi buatan Mia, bahkan membuat lagu “Sunshine Becomes You atau Thinking of Clark” untuk Mia.

Rating : 3 dari 5

Recommended untuk pencinta Romance Angst.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s