Movie

Movie Review : The Host

The Host

The_Host_Poster

Sutradara : Andrew Niccol

Produser : Stephenie Meyer, Wechsler, Nick Schwartz, Paula Mae Schwartz

Pemain : Saoirse Ronan, Max Irons, Jake Abel, Diane Kruger, William Hurt

Publish : tahun 2013

Adaptasi dari novel The Host karya Stephenie Meyer

 

Adegan di buka dengan invasi besar-besar an di Bumi oleh para alien berupa datang nya mereka melalui sebuah cahaya dalam sebuah tabung metal. Seluruh umat manusia di kuasai oleh para alien yang berwujud Souls/Jiwa dengan mengambil alih tubuh manusia. Tubuh para manusia di Bumi hampir seluruhnya telah di kuasai oleh para alien.

Melanie Stryder salah satu manusia yang masih bertahan hidup berusaha untuk melarikan diri bersama sang adik, Jamie Stryder dari kejaran para alien setelah sang ayah yang memilih untuk bunuh diri daripada menyerahkan tubuhnya untuk di kuasai oleh alien. Mereka bertahan hidup dan tak sengaja bertemu dengan manusia lain yang masih bertahan yaitu Jared Howe. Mereka berpindah-pindah tempat demi melarikan diri dari para alien. Dari situlah perjalanan cinta Melanie dan Jared pun tumbuh.

Tapi sayang kebahagian mereka sirna saat Melanie tertangkap dan tubuhnya dikuasai oleh Soul bernama Wanderer. Melanie masih hidup di dalam tubuhnya tetapi jiwa Wanderer lah yang hanya mendengar maupun merasakan keberadaan Melanie. Hingga Seeker, salah satu alien yang meminta Wanderer untuk menceritakan seluruh ingatan Melanie yang tertinggal, dengan mudah Wanderer menceritakan Jamie, adik Melanie yang masih hidup meskipun Melanie telah melarang Wanderer. Wanderer yang awalnya tidak percaya dengan manusia akhirnya luluh saat Melanie menceritakan bahwa ia bertahan hidup untuk melindungi Jamie dan Jared.

17o4znyf0jyxqjpg.jpg

Setelah mengelabuhi Seeker bahwa Wanderer tidak mengingat manusia lain yang masih hidup, Melanie membawa Wanderer ke tempat persembuyian Jamie dan Jared. Mereka mengelana ke sebuah kawasan gurun pasir. Seeker yang mengetahui bahwa Wanderer lemah dengan membiarkan Melanie mempengaruhi pikirannya, berusaha mengejar mereka dan sekaligus mendapatkan manusia yang masih hidup.

Berjalan di gurun pasir dengan suhu yang panas membuat Wanderer kelelahan hingga datang nya bantuan dari kelompok manusia yang tak lain paman Melanie, Paman Jeb. Awalnya kelompok tersebut akan membunuh Wanderer tapi Paman Jeb melarang karena Wanderer hidup di tubuh keponakannya. Mau tak mau mereka membawa Wanderer ke gua tempat persembunyian mereka. Seluruh manusia yang bertahan hidup jelas-jelas memperlihatkan kebencian mereka kepada Wanderer, termasuk Jared. Membuat Melanie sedih dan melarang Wanderer untuk memberitahukan mereka bahwa Melanie masih hidup.

Di lain cerita Seeker masih mencari keberadaan Wanderer, segala upanya telah ia tempuh termasuk ke tidaksengajaannya membunuh Soul lain. Upanya telah membuat para alien lain menjauhi Seeker dan memperingatkan Seeker bahwa Bumi telah di kuasai, tapi Seeker tidak berhenti di situ. Tidak sebelum ia menangkap Wanderer.

Wanderer tetaplah Wanderer yang polos dan baik hati, meskipun beberapa kali manusia di gua persembunyian, yaitu Ian, Kyle bahkan Jared berusah membunuhnya. Hingga seluruh manusia percaya bahwa Melanie masih hidup di dalam tubuh Wanderer. Jamie yang pertama kali mengetahui bahwa Melanie masih hidup begitu bahagia hingga berterima kasih pada Wanderer, yang membuat hati Wanderer terenyuh.

Lagi-lagi tidak disitu kebahagian mereka bertahan lama, Seeker akhirnya mengetahui persembunyian Wanderer dan manusia lainnya. Wanderer pun berusaha menyelamatkan Jamie, Jared, Paman Jeb, bahkan Ian yang mulai ia cintai. Ia pun tidak ingin perjuangan Melanie sia-sia untuk bertemu kembali dengan keluarganya.

Lalu bagaimana cara Wanderer menyelamatkan mereka ? Akankah Bumi benar-benar di kuasai oleh para alien ?

reg_1024.thehost2.mh.111312.jpg

Review :

Karya lainnya dari Stephenie Meyer yang di film-kan setelah Twilight series. Film ini tidak kalah apik nya dengan film-film sebelumnya. Di film kali ini kita tidak akan melihat mitologi perjalanan cinta vampir dan manusia, kali ini Meyer mengangkat film bertema fiksi ilmiah. Melibatkan alien yang wujudnya berbeda. Biasanya kita melihat wujud alien yang berwarna hijau dengan kepala yang lebih besar dari tubuhnya. Kita tidak akan melihat itu semua.

Dari segi alur cerita di ceritakan sangat jelas meskipun durasi yang terbatas. Tokoh-tokoh nya pun tak kalah menarik dengan di bintangi oleh artis-artis Amerika yang cukup terkenal.

Di film ini banyak sekali makna yang ingin di sampaikan oleh Sutradara maupun Meyer. Cinta sejati tidak dapat di lihat oleh kasat mata, tapi hanya dapat di rasakan. Itulah salah satu nya makna dari beberapa adegan di dalam film ini.

Di akhir film menurutku sangat menggantung, aku harap akan ada sequel untuk mengetahui kelanjutan dari kelansungan hidup manusia dan para alien.

Rating : 3,5 dari 5

Aku rekomendasikan untuk kamu pencinta fiksi ilmiah dan Alien Lovers.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s