Book · Penerbit Spring

Book Review : P.S I Still Love You (To All the Boys I’ve Loved Before #2)

P.S I Still Love You (To All The Boys I’ve Love Before #2)

26263708.jpg

Judul : P.S. I Still Love You

Penulis : Jenny Han

Penerjemah : Airien Kusumawardani

Penyunting : Selsa Chintya

Penerbit : Penerbit Spring

Bahasa : Indonesia, 356 hlm

Cetakan pertama, September 2015

ISBN : 978-602-71505-3-9

Hasil dari giveaway yang diadakan di Mizukeume.blogspot.co.id

 

Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter. Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi. Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.

Mulanya Lara Jean berpacaran dengan Peter hanya untuk menunjukkan bahwa Lara Jean tidak mempunyai perasaan lagi kepada Josh, mantan pacar kakaknya. Dan Peter ingin membuktikan kepada mantan pacarnya, Genevive bahwa Peter kini sudah move on dari cewek itu. Namun siapa sangka, kini kepura-puraan itu menjadi nyata. Berkat Margot, kakaknya, Lara Jean yakin akan perasaan suka nya kepada Peter. Kali ini Lara Jean bertekad untuk memberikan surat cinta sekaligus permintaan maafnya secara langsung kehadapan Peter. Dan rasa suka Lara Jean tidak bertepuk sebelah tangan. Peter pun membalasnya dengan rasa suka yang sama. Tapi kisah cinta Lara Jean tidak berhenti sampai disini.

Masalah pertama datang saat sehari sebelum sekolah dimulai, akun instagram dengan user id Anonybitch mengunggah video Lara Jean dan Peter sedang berciuman. Tidak ada yang tahu siapa yang mengunggah video tersebut, bahkan akun tersebut adalah akun tanpa nama. Chris, sahabat Lara Jean yang pertama kali memberitahu Lara Jean untuk membuka akun tersebut, dan BOOM di video tersebut Lara Jean dan Peter terlihat sangat panas. Ya.. meskipun video itu agak buram, tapi semua orang pasti tahu itu Lara Jean.

Hal itu membuat heboh seantero sekolah, kini Lara Jean yang terkenal sebagai cewek baik-baik tercoreng. Semua orang menganggap Lara Jean sebagai cewek jalang. Peter tidak diam begitu video itu tersebar. Ia berusaha menghapus dan mencari orang yang mengunggah video tersebut. Tapi tetap saja semua orang sudah mencap Lara Jean sebagai pribadi lain sedangkan Peter hanyalah Peter, tidak adil.

Masalah selanjutnya datang kepada Lara Jean yang selalu mebanding-bandingkan dirinya dengan Genevive. Dia selalu berprasangka Peter masih memendam rasa kepada cewek itu. Dan yang lebih mengejutkan Peter membela Genevive saat Lara Jean menuduh cewek itu yang sudah mengunggah video panas di Anonybitch. Lara Jean yakin Gen lah pelakunya. Dan bermula dari sini lah keretakan hubungan keduanya.

Dibalik hal buruk pasti selalu ada yang hal baik pula, itulah yang dirasakan Lara Jean saat menerima balasan surat dari John Ambrose McClaren, satu dari lima cowok yang Kitty kirimi surat cinta. Lara Jean kira ia tidak akan mendapatkan balasan surat dari cowok itu, mengingat John telah pindah dari rumah lamanya. Mereka akhirnya saling berkirim surat tanpa sepengetahuan Peter.

Lara Jean pun mengundang John, Chris, Peter, dan Trevor (Lara Jean tidak mengundang Genevive mengingat mereka sudah tidak bersahabat) untuk mengadakan pesta di rumah pohon dibelakang rumahnya untuk perayaan pembukaan kapsul waktu yang pernah mereka kubur saat kelas 7 dan mereka berjanji akan membukanya saat lulus SMA. Tanpa disangka Gen datang ke acara pesta tersebut bersama Peter. Lara Jean cemburu. Ia bertekad akan mengalahkan Gen dan menjadi cewek nomor satu dimata Peter dengan bermain permainan Assasin bersama sahabat-sahabat nya itu.

“Apa hubungan kalian tidak layak dilanjutkan hanya untuk melihat bagaimana hasilnya ? Untuk tahu bagaimana hasilnya ?” (hlm. 202)

Review :

Novel ini merupakan sekuel dari novel To All The Boys I’ve Love Before, di novel kedua ini pembaca masih diberikan cerita cinta remaja yang membuat emosi naik turun. Persahabat, keluarga dan cinta akan pembaca dapatkan di novel ini. Meskipun novel ini sederhana tapi di eksekusi dengan sempurna oleh Jenny Han.

Jujur aja suka banget dengan cerita ini, twist nya menyenangkan. Karakter Lara Jean sebagai remaja digambarkan dengan sempurna oleh penulis. Pembaca dapat merasakan rasa kekeluargaan saat Lara Jean berinteraksi dengan Margot, Kitty dan sang ayah. Rasa cemburu kepada mantan pacar kekasih kita pun tersampaikan sangat baik oleh penulis.

Gambaran hubungan Lara Jean dan Peter saat tersebar video panas mereka membuat pandanganku ke budaya Barat lebih terbuka. Di novel ini pembaca akan mengetahui bahkan di negara dengan budaya Barat sekalipun video panas masih tetap di kategorikan sesuatu yang tabu. Bullying pun disajikan dengan apik oleh penulis.

Untuk typo tidak aku temukan. Gaya bahasa dapat diterima oleh pembaca kategori usia remaja. Tidak berat dan santai. Sudut pandang diambil oleh tokoh pertama yaitu Lara Jean. Tokoh antagonis, Genevive ternyata tidak seburuk yang di ceritakan oleh penulis di bab awal, pembaca akan mengetahui seluruh alasan dan rahasia Gen di bab terakhir. Tokoh favoritku di novel ini yaitu John. Karakter John di gambarkan sebagai remaja yang tampan tinggi dan percaya diri, sangat berbeda saat ia masih SMP. Untuk adegan favorit yaitu saat Lara dan John memergoki Peter sedang memeluk Gen, perasaanku terbawa saat membaca adegan ini.

Rating : 4 dari 5

Novel ini cocok untuk kamu pembaca kategori usia remaja. Novel ini pun cocok untuk kamu pembaca pemula yang tidak menyukai bahasa yang berat dan kaku.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s