Book · Penerbit Spring

Book Review : Attachments

Attachments

27854363

Judul : Attachments

Penulis : Rainbow Rowell

Penerjemah : Airien Kusumawardani

Penyunting : Novianita

Penerbit : Penerbit Spring

Bahasa : Indonesia, 436 hlm

Cetakan pertama, Desember 2015

ISBN : 978-602-71505-5-3

Harga : Rp 53.200 beli di Bukukita.com

Lincoln masih belum percaya bahwa pekerjaannya sekarang adalah membaca E-mail orang lain. Saat ia melamar pekerjaan sebagai petugas keamanan Internet, pemuda itu mengira ia akan membangun firewall dan melawan hacker, bukannya memberi peringatan pada karyawan yang mengirim E-mail berisi lelucon jorok seperti sekarang.

Beth dan Jennifer tahu bahwa ada seseorang di kantor yang memonitor E-mail mereka. Hal itu adalah kebijakan kantor. Namun, mereka tidak menganggapnya serius. Mereka bertukar E-mail tentang hal-hal paling pribadi.

Saat Lincoln menemukan E-mail Beth dan Jennifer, pemuda itu tahu ia harus melaporkan mereka berdua. Namun ia tidak bisa. E-mail mereka terlalu menarik untuk dilewatkan.

Hanya saja, saat Lincoln sadar ia mulai jatuh hati pada salah satunya, sudah terlalu terlambat untuk memulai perkenalan.

Lagi pula, apa yang bisa ia katakan…?

Lincoln jengah akan pekerjaannya setiap malam di sebuah kantor surat kabar, The Courier. Ia kira ia akan dipekerjakan sebagai petugas keamanan internet sebagaimana yang ia lihat di iklan lowowgan pekerjaan tersebut. Tapi kini Lincoln malah bertugas untuk mengawasi email-email yang dikirimkan oleh seluruh pegawai. Lincoln pun ditugasi untuk memperingati pegawai-pegawai yang mengirimkan email dengan isi kata-kata kotor maupun yang tidak berkolerasi dengan pekerjaan.

Beberapa email yang masuk WebShark akan Lincoln hapus dan pegawai akan diperingati olehnya. Akan tetapi email-email yang dikirimkan oleh Beth dan Jennifer menarik perhatian Lincoln. Email mereka sering masuk ke WebShark, tapi Lincoln tidak pernah memperingati mereka. Candaan dan kepedulian Beth kepada rekan kerjanya, Jennifer di dalam interaksi email mereka membuat Lincoln terpesona.

Hidup Lincoln memang datar, ia tidak pernah berkencan dengan wanita manapun setelah putus dengan Sam. Dan ibu nya pun memperlakukan Lincoln seperti anak kecil, semua kebutuhan dimulai dari makanan dan hidupnya telah diatur oleh sang ibu. Itulah yang membuat Eve, kakak Lincoln memaksanya untuk pindah dari rumah ibu nya dan memulai hidup baru. Tapi Lincoln ragu, ia masih merasa nyaman dengan hidupnya saat ini.

Interaksi email Beth dan Jennifer pun kini menjadi kebutuhan bagi Lincoln dan ia pun mulai jatuh dalam pesona Beth. Aneh memang, Lincoln bahkan tidak tahu rupa Beth seperti apa. Terbukti dengan kecemburuan Lincoln terhadap Chris, pacar Beth. Lincoln akui Chris yang seorang personil band sungguh memesona, bagaimana laki-laki itu memainkan gitar nya dengan penuh percaya diri.

Dan tanpa disangka Beth pun menyukai nya, Lincoln tahu ini karena Beth sering membicarakannya di email kepada Jennifer. Beth menjulukinya “cowok manis”. Tapi Beth tidak mengetahui siapa dirinya dan pekerjaan apa yang ia lakukan di The Courier. Bahkan Beth dan Jennifer tidak mengetahui bahwa “cowok manis” yang mereka bicarakan adalah lak-laki yang selalu mengawasi email mereka.

“Aku membayangkan dirimu,” jelas Lincoln.”Aku hanya tidak tahu bagaimana rupamu”. (hlm. 427)

Review :

Novel ini merupakan novel pertama dari penulis Rainbow Rowell. Ide cerita sungguh menarik. Khas Rainbow Rowell, ringan dan santai. Di novel ini pembaca akan merasakan kegalauan Lincoln terhadap hidupnya. Peranan sang ibu yang membuatnya nyaman dan tidak merasakan tanggung jawab besar disampaikan dengan apik. Pembaca pun disuguhi pesan moral berupa “cinta pun tumbuh tanpa tahu rupa orang yang kita cintai”.

Untuk typo tidak aku temukan. Gaya bahasa nya menarik dan ringan. Karakter Lincoln digambarkan dengan sempurna oleh penulis. Keresahan dan kegalauan karakter Lincoln sukses tergambarkan di novel ini. Sudut pandang berdasarkan orang pertama yaitu Lincoln, novel ini pun sangat menarik dengan ditambahkan email-email interaksi Beth dan Jennifer. Untuk setting tempat tersampaikan dengan baik oleh penulis.

20160113_100941Kover buku diilustrasikan dengan sempurna oleh Penerbit Spring. Pemilihan gambar dan warna background sangat sempurna. Pembatas buku pun dibuat sangat unik.

 

Rating : 3 dari 5

Untuk pembaca yang menginginkan cerita yang santai dan ringan novel ini sangat aku rekomendasikan. Kategori pembaca usia remaja masih oke lah untuk baca novel ini.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s