Book · Penerbit Gramedia

Book Review : In a Blue Moon

In a Blue Moon

25053346

Judul : In a Blue Moon

Penulis : Ilana Tan

Ilustrasi dan desain cover : Kitty Felicia Ramadhani

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Bahasa : Indonesia, 320 hlm

ISBN : 978-602-03-1462-4

Harga : Rp 52.500 bisa pembaca beli di Bukabuku.com

“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”

Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.

Lucas Ford tak menyangka akan bertemu mantan temannya dan berakhir sebagai seorang tunangan. Gadis itu, Sophie Wilson masih sama seperti gadis SMA yang ia kenal dulu. Tapi selama beberapa tahun mereka tidak bertemu, Sophie masih membenci Lucas setelah apa yang laki-laki itu lakukan semasa SMA. Atas keinginan sang kakek, yang kekeuh untuk menjodohkan Lucas dan Sophie akhirnya Lucas pun mau tak mau menuruti keinginan sang kakek. Tapi tidak dengan Sophie, ia bahkan menghindari Lucas setelah pertemuan pertama mereka di pesta pernikahan kakaknya.

Kehidupan semasa SMA yang kelam membuat Sophie tidak bisa memaafkan Lucas. Dan sekarang laki-laki itu menuruti keinginan sang kakek untuk bertunangan dengannya. Lucas Ford akan menjadi Lucas Ford si remaja menyebalkan dan membuatnya sengsara.

Lucas pun bertekad untuk meminta maaf kepada Sophie. Ia terus menyakinkan gadis itu bahwa ia telah berubah. Walaupun Sophie dengan sangat jelas menghindarinya. Dan tanpa Lucas sadari hatinya kini telah dipenuhi  oleh senyum manis Sophie.

“Lagi pula, permintaan maaf tidak akan mengubah apa yang sudah terjadi. Tidak akan menjadikan semuanya baik-baik saja” (hlm.41)

Dikala Sophie sudah mulai memaafkan dan membuka hatinya untuk Lucas, kembalinya Adrian Graves membuat Sophie merasa bimbang. Adrian, kekasih yang dahulu meninggalkannya karena lebih memilih bekerja di negara lain kembali untuk mendapatkan Sophie. Ditambah lagi dengan hubungan Lucas yang notabennya sebagai playboy dan sedang dekat dengan seorang model ternama, Miranda Young membuat hubungan keduanya pun goyah.

Review :

Novel ini merupakan karya dari penulis ternama, Ilana Tan. Cerita manis dan romansa yang klasik akan pembaca dapatkan dari novel ini. Berawal dari kisah benci yang menjadi cinta, itulah ide cerita dari novel ini.

Aku akan komentari dari segi kover dulu. Untuk kali ini kovernya lebih terkesan hangat dan manis. Diambil dari segi cerita (Sophie yang memiliki sebuah toko kue) In a Blue Moon pun menampilkan penggambaran toko kue dan diilustrasikan dengan sangat baik. Warna kovernya pun eye catching yang berhubungan dengan setting latar dan waktu cerita.

Ide cerita menurutku sangat sederhana dan konflik tidak kentara.Padahal dengan mengembangkan konflik yang telah ada aku yakin novel ini akan lebih menarik. Sayangnya mbak Ilana Tan lebih mengembangkan hubungan antara Lucas dan Sophie. Alasan dari kebencian Sophie kepada Lucas pun hanya sebagai ulasan dan tidak digambarkan secara eksplisit.

Penokohan disampaikan langsung oleh penulis dengan cukup apik. Alur cerita pun disampaikan dengan jelas, dimulai dari perkenalan kedua tokoh hingga penyelesaian diantara keduanya. Untuk setting sendiri, pembaca akan dibawa ke New York melalui novel ini, setting tempat ditampilkan dengan keadaan hiruk-pikuk di toko kue hingga restauran milik Lucas. Sudut pandang sendiri disampaikan oleh penulis. Namun pembaca tidak perlu khawatir, karena perasaan yang dirasakan setiap tokoh disampaikan pula oleh penulis. Untuk gaya bahasa, pembaca setia penulis akan merasakan ke-khasan seorang Ilana Tan dari novel-novel sebelumnya.

Rating : 3 dari 5

Aku rekomendasikan untuk para pembaca setia Ilana Tan, dan untuk kamu pecinta romansa klasik nan manis.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s